Subscribe:

Senin, 09 Januari 2012

Jadikan Flashdisk Sebagai Ram Komputer Di Windows 7

      Banyak dari kita yang ingin mengupgrade RAM komputer agar komputer makin "bertenaga".  Namun tidak semua orang bisa menambah memrory dengan berbagai alasan seperti slot memory sudah penuh, gak bisa buka casing pc/laptop, atau sedang mengalami penyakit penyempitan pembuluh dompet akut (alias lagi bokek) dll.

      Nah, apabila anda termasuk yang gak bisa upgrade memory karena berbagai alasan di atas, jangan khawatir karena anda tetap bisa tambah memory pc/laptop anda dengan READYBOOST. 
Syaratnya anda harus punya Flashdisk atau Kartu Memory dengan kapasitas minimal 512 MB (sisa kapasitasnya minimal 512 MB) yang diformat dengan sistem NTFS/FAT16/FAT32/exFAT, kecepatan akses flashdisk/kartu memory tidak lebih dari 1 milidetik dan kecepatan bacanya minimal 2,5 MB per detik, lalu system operasi komputer anda Windows Vista atau Windows 7.

      ReadyBoost merupakan fitur windows vista dan windows 7 yang berfungsi untuk menambah RAM dengan menggunakan flashdisk atau kartu memory.  Pada windows vista, ReadyBoost hanya mendukung 1 Flashdisk sedangkan untuk windows 7 bisa sampai 8 flashdisk dengan kapasitas total maksimal 256 GB.
      Berikut ini setting FLASHDISK  SEBAGAI RAM KOMPUTER DI WINDOWS 7 menggunakan ReadyBoost  :
  1. Buka windows explorer lalu colokkan flashdisk/kartu memory.
  2. Klik kanan pada drive flashdisk/kartu memory, klik Properties.
  3. Pada menu properties, pilih tab ReadyBoost lalu klik Use this device. Atur besarnya kapasitas yang akan digunakan dan klik OK.
  4. Jika ReadyBoost telah aktif maka di dalam flashdisk/kartu memory akan terdapat file bernama
  5. ReadyBoost yang berukuran sama persis dengan kapasitas yang telah kita atur tadi.
  6. Kita hanya perlu sekali saja mengaktifkan ReadyBoost pada sebuah flashdisk/kartu memory, fitur ini akan langsung dijalankan setiap kali flashdisk/kartu memory di colokkan ke komputer.  Tentu saja syaratnya file bernama ReadyBoost tadi tidak dihapus.

      Sebenarnya anda tidak perlu repot2 mencari tahu apakah flashdisk/kartu memory anda bisa mendukung fitur ReadyBoost atau tidak.  Caranya cukup jalankan langkah 1 s/d 3. Bila di tab ReadyBoost muncul tulisan "This device cannot be used for ReadyBoost" berarti flashdisk/kartu memory gak bisa dipakai.
                                                        
                                                       


 .: Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :.

0 komentar:

Poskan Komentar