Pages

Subscribe:

Sabtu, 06 Oktober 2012

Cara Membuat Aplikasi Pemutar Video Dengan VB

 Oke kali ini saya akan berbagi ilmu tentang visual basic 6.0, sekarang saya memostingkan CARA MEMBUAT APLIKASI PEMUTAR VIDEO.  Saya berbagi ini karena saya sering mencoba membuat software sederhana akhirnya saya bisa membuat aplikasi pemutar video sederhana, dan saya sudah mencobanya berkali kali hasilnya berhasil dan aplikasinya lumayan bagus.

Oke tampa basa basi lagi kita menuju ke tutorial CARA MEMBUAT APLIKASI PEMUTAR VIDEO :
Sebelumnya saya peringatkan BACA DENGAN TELITI !!!

1. Buka Program Visual Basic 6.0 (Pasti lah sobat ngerti cara membukanya)
2. Buat Form Baru


3. klik Project lalu Pilih Components Atau pada keyboard CTRL + T


4. Lalu beri tanda Ceklis (√) pada Microsoft Common Dialog Control dan Windows Media  Player kemudian Ok atau Apply

Sekarang  kita akan membuat pemutar video/lagu menggunakan Componen WMV agar lebih gampang.

5.  Aktifkan WindowsMediaPlayer kemudian buatkanlah pada Form tersebut seperti ini
 6. kemudian aktifkan juga CommonDialog dan letakkan di sembarang tempat yang penting di dalam form

 7. buatlah CommandButton dan gantilah Coptionnya Menjadi "Open"

 8. Klik2x Pada "Open" Tersebut, masuk ke jendela Pengcodingan, ketikkan di bawah ini
   
    CommonDialog1.ShowOpen
    WindowsMediaPlayer1.URL = CommonDialog1.FileName 

begini saja pun sudah bisa di gunakan, tetapi agar lebih Profesional lagi ikuti selanjutnya


9.
Buatlah Label dan letakkan diatas Windows Media Player tersebut biar kelihatan lebih   profesional. Ganti Captionnya Menjadi "File Name", dan AutoSize = True
guna untuk mengetahui apa nama file yang sedang di mainkan

ketiklah coding berikut

    Label1.Caption = CommonDialog1.FileTitle

code diatas di letak di "File Name" caranya klik 2X pada Label1

10. Sekarang klik Pada CommonDialong1
Filter : MP3 (.Mp3)|*.Mp3|Wav (.Wav)|*.Wav|Mpg (.Mpg)|*.Mpg|Flv (.Flv)|*.Flv|3gp (.3gp)|*.3gp|AVI (.Avi)|*.Avi|Mp4 (.Mp4)|*.Mp4|All Files (*.*)|*.*

Akhirnya selesai semoga sobat bias mengerti apa yang saya maksud diatas
gampangkan!!!
Buatlah aplikasi pemutar video sendiri sesuai kreasi dan Imajinasi
Sekian dari saya saya ucapkan. Trimakasih!!!

Jangan lupa LIKE dan Share Artikel ini!!

== Semoga Berhasil ==

0 komentar:

Posting Komentar