Subscribe:

Minggu, 22 April 2012

Meredam bunyi kipas dalam komputer

Siapa sih yang suka dengan komputer berisik karena suara kipas yang terlalu bising. Sumber bising kipas tersebut juga sebenarnya bisa terdiri lebih dari satu, bisa karena kecepatan putarnya yang terlalu tinggi, bisa karena porosnya yang sudah sedikit aus, atau bahkan karena jumlahnya yang sudah terlalu banyak. Bunyi kipas tersebut tentunya sangat mengganggu, apalagi bagi anda yang kalau bekerja didepan komputer butuh keheningan. Bisakan suara kipas tersebut diredam ? Minimal dikurangi agar suaranya sedikit lebih tenang. Jawabannya tentunya adalah bisa. Bagaimana caranya ? Silahkan simak terus artikel berikut ini.
Sesuai dengan yang tadi saya sampaikan, untuk meredam atau setidaknya mengurangi suara bising dari kipas, maka kita harus membuang penyebab dari suara bising tersebut, beberapa langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Kipas yang putarannya terlalu cepat bisa ditangani dengan cara mengurangi kecepatan putar tersebut. Cara ini bisa dilakukan dengan mengurangi tegangan yang digunakan untuk mamutar kipas. Secara standart, kipas komputer (kipas casing) menggunakan tegangan 12 volt yang mengambil dari soket 4 pin power supply. Nah untuk mengurangi kecepatan putar kipas tersebut, kita bisa menggunakan yang tegangan 5 volt saja. Dengan sedikit modifikasi dan kreatifitas, kita bisa memanfaatkan soket yang tegangannya 5 volt ini untuk memutar kipas dan dijamin suaranya akan sehehing tengah malam. Untuk tegangan 12 volt berwarna kuning, sedangkan yang 5 volt berwarna merah, untuk negatifnya yang berwarna hitam.
  • Untuk kipas yang porosnya sudah sedikit aus maupun yang sedikit kurang halus, kita bisa menambahkan sedikit pelumas dibagian as tersebut. Caranya kita bisa membuka penutup as (biasanya yang berada ditengah-tengah) kemudian memberikan sedikit pelumas (gunakan yang bagus ya…), kemudian setelah itu, menutupnya kembali dengan rapat agar pelumas tidak tercecer keluar.
  • Atau jika sistem pendinginan didalam tidak begitu dipentingkan, silahkan lepas saja kipas tambahan, pasang saja kipas yang mempunyai peranan cukup vital, seperti kipas prosesor dan kipas power supply.
  • Gunakan kipas yang bagus (yang harganya mahal), karena pasti dijamin suaranya lebih halus
  • Gunakan kipas yang diameternya besar, karena kipas jenis tersebut mempunyai putaran yang lebih rendah tetapi angin yang dihasilkan lebih besar, dan tentunya suaranya lebih halus.
  • Jika tetap kurang sunyi, gunakan bahan peredam suara (seperti yang berasa distudio musik) untuk membalut bagian luar dan dalam casing.
  • masih kurang sunyi juga ? Jangan menggunakan komputer yang menggunakan kipas, pakai saja komputer yang bisa beroperasi tanpa kipas, seperti jenis intel atom, semuanya menggunakan heatsink saja. Untuk kipas power supplynya bisa dimodifikasi menggunakan tegangan 5 volt, dijamin komputer anda sunyi seperti tengah malam dihutan, hehehe…
Demikian apa yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung semua, jika ingin menambahkan silahkan tinggalkan dikomentar, terima kasih


0 komentar:

Poskan Komentar