Subscribe:

Senin, 23 April 2012

Tips Berhati-hati Terhadap Bahaya Keylogger

Keylogger adalah alat pencatat atau perekam aktivitas yang dilakukan pada computer. Keylogger bekerja secara sembunyi-sembunyi merekam setiap tombol yang kita tekan pada keyboard . Saat kita menekan a-z, 0-9, ataupun kombinasi keyboard seperti Shift+2 ,dll akan tercatat oleh keylogger.
keylogger sendiri bagi menjadi dua jenis yaitu Keylogger software dan Keylogger hardware, Keylogger hardware biasanya berupa alat yang dipasang diantara slot keyboard pada komputer dan keyboard , sedangkan Keylogger software berupa program atau aplikasi yang di-instal pada computer yang akan dipasangi Keylogger .Contoh Keylogger software adalah family Keylogger, atau kalau anda kreatif anda bisa membuatnya sendiri dengan VB6.0 atau delphi . Keylogger banyak dimanfaatkan dalam dunia hacker khususnya dalam pencurian user name- password karena kebanyakan naive user (baca: user awam ) tidak menyadari bahwa computer yang digunakannya telah dipasangi Keylogger. Sehingga saat naive user itu sedang membuka e-mail, chating MIRC, YM,membuka blog,masuk FS, FB,bahkan transfer e-banking yang kesemuanya menggunakan user name- password ternyata semua aktifitas itu telah direkam oleh Keylogger. SO setelah naive user pergi barulah si pemasang Keylogger ini panen user name- password yang telah terekam .
Disini saya tidak akan menerangkan cara membuat keylogger tapi saya akan memberikan sedikit tips agar kita berhati-hati terhadap bahaya keylogger,ini bisa anda lakukan ketika anda menggunakan computer di warnet atau kantor computer teman(walaupun teman kita harus hati2 karena kadang2 temen bisa makan temen wah kaya ngrebutin cewek cantik aja nih hehehe ). Next lanjut caranya….


3 komentar:

Poskan Komentar