Pages

Subscribe:

Jumat, 22 Juni 2012

Cara format flashdisk menjadi NTFS file system

Format flashdisk adalah salah satu cara yang banyak ditempuh oleh user dalam mengatasi permasalahan seputar flashdisk. Mulai flashdisk tidak bisa dibuka, flashdisk tidak bisa dideteksi, bahkan format flashdisk karena terkena virus. Namun beberapa user lain melakukan format flashdisk untuk meningkatkan performa flashdisk tersebut dalam hal mengakses data, yaitu dengan memformat flashdisk dari file system FAT menjadi NTFS.

Pada windows telah terdapat fasilitas untuk melakukan format flashdisk, namun hanya terbatas pada format ke FAT file system saja, tidak ada pilihan format ke NTFS. Coba bukalah windows explorer kemudian klik kanan pada drive dimana flashdisk terinstall atau terpasang kemudian pilih format. Pada pilihan file system anda tidak akan mendapati pilihan NTFS, yang ada FAT, FAT32 dan exFAT padahal anda ingin memformat flashdisk anda menjadi NTFS file system, bukan ?

format flashdisk

Untuk mengatasi hal tersebut diatas, trik dibawah ini dapat dicoba untuk melakukan format flashdisk menjadi NTFS file system.
  1. Klik kanan My Computer kemudian pilih Manage
    cara format flashdisk
  2. Pada jendela computer management yang muncul klik Device manager
  3. Pada panel sebelah kanan expand disk drives kemudian klik kanan pada usb flashdisk anda dan klik properties

    cara format flashdisk ke NTFS
  4. Pada jendela yang muncul pilih tab Policies kemudian aktifkan radio button optimize for performance kemudian klik OK

    cara format flashdisk ke NTFS file system

Setelah trik diatas, silahkan dicoba kembali melakukan format flashdisk. Maka akan muncul pilihan NTFS pada pilihan file system kemudian lanjutkan dengan klik Format.

Trik format flashdisk ke NTFS file system 
Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar